Wednesday, November 10, 2010

Al-Quran adalah kalam Allah

Al-Quran adalah kalam Allah. Dan Allah adalah Pencipta semua makhluk yang terdapat di alam semesta ini. Allah Swt telah menurunkan Al-Quran untuk semua makhluknya. Karenanya, menjadi suatu keniscayaan bahwa semua makhluk yang diciptakan-Nya memiliki potensi untuk menjawab seruan al-Quran. Dalil atas itu –sebagaimana telah kami sebutkan- adalah segolongan jin yang beriman kepada al-Quran, hanya karena mereka mendengarkan sebagian ayat-ayat suci al-Quran. Mengenai bagaimana cara manusia menjawab seruan al-Quran, kita bisa memahaminya dalam kerangka bahwa Allah Swt telah menciptakan manusia dan memuliakannya di daratan dan di lautan. Allah juga telah memberikan rezeki-Nya yang baik kepada mereka. Juga Dia telah menunjukkan kepada mereka jalan yang harus mereka lewati, sehingga kehidupan mereka di dunia berjalan lurus dan baik. Sebagaimana Allah telah menciptakan pada diri mereka berbagai naluri yang berfungsi seperti radar yang dapat menangkap signal-signal yang berada di luar diri mereka, namun memiliki pengaruh atas kejiwaan mereka. Ketika signal-signal atau gelombang pancaran ini (bacaan kalam Allah) tertangkap, maka naluri keimanan yang dimilikinya akan langsung menjawabnya.

Sebagai contoh, kita mendapatkan bahwa orang yang terbiasa berbuat maksiat dan jauh dari jalan Allah, ketika ia mendengar firman Allah Swt yang berbunyi: “Katakanlah: “Hai hamba-hambaku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”, maka ia akan tercegat dan memikirkan makna dari ayat ini, karena naluri tertentu yang terdapat dalam dirinya tunduk di hadapan kalam Allah dan tergerak untuk menjawab seruan yang di kandungnya. 

Sungguh agung kitab suci al-Quran ini. Ia adalah lautan dalam yang tidak seorangpun mampu untuk mengetahui batasnya dan memahami takwil dari ayat-ayatnya, kecuali Allah Swt sendiri yang telah bersaksi pada diri-Nya. Allah Swt berfirman:

“Padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah.” (QS. Ali Imran : 7)


No comments:

CROWN D'RAJA PERTUBUHAN MQTK QuranSunnahIslam..

........free counters ..............................................................................“and I have come to you with a SIGN FROM YOUR LORD, so fear Allah and OBEY ME! Truly Allah is my Lord and your Lord. Therefore submit to HIM! This is A STRAIGHT PATH" (maryam 19:36)