Thursday, November 11, 2010

dialog antara seorang pendeta dengan Imam Ali bin Abi Thalib

Pertanyaan Kepada Imam Ali: Berikut ini aku kutipkan dialog antara seorang pendeta dengan Imam Ali bin Abi Thalib. Pendeta tersebut mengajukan beberapa pertanyaan kepada Imam Ali yang kemudian dijawab oleh beliau dengan sangat lancar dan cerdas.


Suatu ketika ada seorang pendeta mendatangi Imam Ali kemudian dia katakan, ”Aku mau masuk Islam kalau kamu bisa menjawab pertanyaanku.” Kemudian Imam Ali mengatakan, ”Tanyalah sesukamu.” Pendeta itu bertanya, ”Sebutkan 5 makhluk hidup yang tidak beribu dan tidak berbapak, darah siapa yang pertama kali menetes di bumi ini dan apa yang ketika hidupnya minum dan setelah matinya makan.”


Dengan kemampuan argumentasi dan analisisnya Imam Ali menjawab:
“5 makhluk hidup yang tidak beribu dan tidak berbapak adalahAdam, hawa, Dombnya nabi Ibrahim yang menjadi ganti Nabi Ismail, Untanya Nabi Shaleh yang muncul dari bukit, Ularnya Nabi Musa;
Yang ketika hidupnya minum dan matinya makan itu adalah tongkatnya Nabi Musa. Ketika dia masih hidup masih melekat dalam satu pohon, dia hanya minum saja lewat akar, tetapi ketika ditebang lalu mati kemudian ia menjadi ular lalu memakan ularnya Firaun..


Darah yang pertama kali tertumpah adalah darahnya Hawa.” Akhirnya pendeta tersebut masuk Islam.
Seandainya pertanyaan itu ditanyakan kepada kita, pasti tidak akan ada pendeta yang bakal masuk Islam!.
Para pendeta dahulu sering bertanyakan soalan2 yang pelik yang hanya mampu dijawab oleh Nabi atau para wasinya. Jika para Nabi tidak meninggalkan wasi maka siapakah yang akan meneruskan ajarannya? Atau tidakkah ajarannya akan diselewengkan.


Hanya Allah yang akan menentukan kepada sesiapa yang dikehendakkinya.
wassalam

No comments:

CROWN D'RAJA PERTUBUHAN MQTK QuranSunnahIslam..

........free counters ..............................................................................“and I have come to you with a SIGN FROM YOUR LORD, so fear Allah and OBEY ME! Truly Allah is my Lord and your Lord. Therefore submit to HIM! This is A STRAIGHT PATH" (maryam 19:36)