Monday, February 21, 2011

syukur

SYUKUR

Syukur adalah perasaan yang terus-menerus akan budi yang baik dan penghargaan terhadap kebajikan, yang mendorong hati untuk mencintai dan lisan untuk memuji. Atau dengan pengertian lain ialah memuji si pemberi nikmat atas kebaikan yang telah dilakukannya.

Dan syukurnya seorang hamba berkisar atas tiga hal yang apabila ketiganya tidak berkumpul, maka tidaklah dinamakan bersyukur, yaitu : mengakui nikmat dalam batin, membicarakan secara lahir, dan menjadikannya sebagai sarana untuk taat kepada Allah.

Jadi syukur di sini adalah berkaitan erat dengan hati, lisan dan anggota badan. Hati untuk ma’rifah dan mahabban, lisan untuk memuja dan menyebut nama Allah dan anggota badan untuk menggunakan nikmat yang diterima sebagai sarana untuk menjalankan ketaatan kepada Allah dan menahan diri dari maksiat kepadaNya.

No comments:

CROWN D'RAJA PERTUBUHAN MQTK QuranSunnahIslam..

........free counters ..............................................................................“and I have come to you with a SIGN FROM YOUR LORD, so fear Allah and OBEY ME! Truly Allah is my Lord and your Lord. Therefore submit to HIM! This is A STRAIGHT PATH" (maryam 19:36)