Wednesday, July 27, 2011

Iman kepada kitab – kitab Allah SWT

Kitabullah adalah kumpulan wahyu – wahyu Allah SWT yang mengandung petunjuk dan kebenaran. Kitab – kitab yang diterangkan dalam Al – Qur’an adalah :
1. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud As, berisi do’a, dzikir, pengajaran dan hikmah (QS. Al-Isra’ (17):55)
2. Kiktab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa As, berisi petunjuk dan cahaya kebenaran (QS. Al-Maidah (5):44)
3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa As, berisi petunjuk dan penerangan (QS. Al-Maidah (5):46)
4. Kitab Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, berisi ajaran – ajaran Allah SWT untuk memberi petunjuk dan bimbingan yang benar kepada manusia sepanjang masa (QS. Fushsilat (41):41-42)
Kedudukan Kitab - Kitab Allah SWT antara lain :
1. Sebagai pedoman manusia dalam hubungan dengan Allah SWT
Manusia sebagai pengemban risalah, wajib beriman kepada kitab – kitab Allah SWT dan memahaminya, karena kitab suci Al – Qur’an adalah kitab suci yang memuat ajaran – ajaran yang tercantum dalam Zabur, Taurat dan Injil yang asli sekaligus yang menyempurnakan isi kitab – kitab yang terdahulu tersebut.
2. Sebagai pedoman hidup manusia dalam hubungan dengan diri sendiri.
Dengan memahami keberadaan dirinya sebagai mahluk Allah SWT, maka manusia sadar tentang fungsi dan tugasnya dalam kehidupannya di dunia ini.
3. Sebagai pedoman hidup manusia dalam hubungan dengan sesama manusia.
Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa setiap manusia didunia ini membutuhkan orang lain sebagai mitra dalam hidupnya, karena tidak seorang pun dapat hidup tanpa bantuan orang lain (QS. Az-Zukhruf (43):32).
4. Sebagai pedoman hidup manusia dalam hubungan dengan alam dan lingkungannya.
Dalam memanfaatkan alam ini, manusia tidak dapat terlepas dari peraturan – peraturan Allah SWT yang berlaku di alam semesta ( Sunnatullah ), tetapi pemanfaatan tersebut mesti disesuaikan dengannya, agar dapat menjadi rahmat bagi kehidupan manusia sesuai dengan ke-universalan ajaran kitab Allah SWT. Sebagaimana yang dijelaskan dalam (QS. Al-Anbiya (21):107).


Adapun fungsi iman kepada kitab – kitab Allah SWT dalam kehidupan sehari – hari adalah :
1. Pedoman dalam kehidupan pribadi
a. Mendapat sumber asasi guna mengatur kehidupan manusia dalam meningkatkan kebudayaannya, cara berpikirnya, berbicara dan tindak tanduknya (QS. Al-Baqarah (2):1-5)
b. Mendapatkan bimbingan atau petunjuk dalam kehidupannya.
2. Dalam kehidupan bermasyarakat
Kitab Allah SWT menanamkan kepada manusia agar saling menghormati dan memandang bahwa manusia itu sama, mencakup seluruh manusia, bukan untuk satu kelompok, bangsa atau ras.

Allah SWT mengajarkan agar manusia dapat memajukan bangsa dan negaranya melalui bidang dan tugasnya sesuai dengan profesi dan posisi masing – masing sebagai pelajar misalnya, mampu mendisiplinkan diri dalam segala bidang. Sebagai pegawai bekerja dengan baik dan menghindari prilaku korupsi.

Dalil Naqli ( berdasarkan Al-Qur’an) dan Aqli ( berdasarkan akal ) iman kepada kitab Allah SWT.
Agar fungsi – fungsi kitab Allah SWT tersebut dapat terwujud, maka kita harus menemukan makna firman Allah SWT sebagaimana sahabat Rasulullah Saw dahulu telah menemukan makna – maknanya sesuai tempat mereka.

Tanda – tanda penghayatan terhadap fungsi iman kepada kitab – kitab Allah SWT dalam perilaku sehari – hari.
Seorang yang sudah menghayati fungsi iman kepada kitab – kitab Allah SWT akan melahirkan sikap tanggung jawab yang terlihat dalam sikap perilakunya, diantaranya tanggung jawab terhadap :
1. Agama
2. Diri sendiri
3. Keluarga
4. Masyarakat
5. Profesi
6. Bangsa dan Negara

Rangkuman
Kitabullah adalah kumpulan wahyu – wahyu Allah SWT yang mengandung petunjuk kebenaran yang diturunkan kepada Rasul – Rasulnya, dan disesuaikan dengan zaman masing – masing.
Antara kitab yang satu dengan kitab yang lainnya saling berkaitan, contoh antara Al – Qur’an dengan kitab sebelumnya, seperti :
- Menjadi saksi tentang kebeneran kitab – kitab Allah SWT sebelumnya.
- Menjawab dan menyelesaikan perbedaan pendapat para penganut agama.
- Mengoreksi kitab Allah SWT yang sudah dirubah manusia.
Kitab yang sudah diturunkan oleh Allah SWT ada 4 yaitu Zabur, Taurat, Injil dan Al – Qur’an. Selain kitab Allah SWT juga menurunkan Shahihah – Shahihah untuk Rasul tertentu. Kedudukan kitab Allah SWT antara lain :
- Sebagai pedoman manusia dalam hubungan dengan Allah SWT
- Sebagai pedoman hidup manusia dalam hubungan dengan diri sendiri
- Sebagai pedoman hidup manusia dalam hubungan dengan sesama manusia
- Sebagai pedoman hidup manusia dalam hubungan dengan alam dan lingkungan
Adapun fungsi iman kepada kitab Allah SWT antara lain :
- Pedoman dalam kehidupan pribadi
- Pedoman dalam kehidupan bermasyarakat
- Pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Seorang yang sudah menghayati fungsi iman kepada kitabullah akan terlihat pada perilaku yang memiliki tanggung jawab baik pada agama, diri pribadi, keluarga, masyarakat, profesi, bangsa dan negara.

No comments:

CROWN D'RAJA PERTUBUHAN MQTK QuranSunnahIslam..

........free counters ..............................................................................“and I have come to you with a SIGN FROM YOUR LORD, so fear Allah and OBEY ME! Truly Allah is my Lord and your Lord. Therefore submit to HIM! This is A STRAIGHT PATH" (maryam 19:36)