Friday, May 25, 2012

Tuhan dilangit dan tuhan dibumi


  


 Bismillahirrahmanirrahim


Al-Baihaqi meriwayatkan dengan sanad yang hasan bahwa –ketika Nabi menyampaikan da’wah kepada orang-orang secara terbuka, maka orang-orang kafir Quraisy pun berupaya memalingkan orang-orang yang ada di dekat Nabi. Mereka mengatakan Nabi:” Penyihir,dukun atau orang gila”.

Namun demikian, orang-orang kafir Quraisy itu melihat bahwa pengikut Nabi semakin bertambah dan bukannya berkurang. Lalu mereka bermusyawarah menyatukan pendapat untuk menipu Nabi dengan harta dunia. Mereka kemudian mengutus Husein bin al-Mundzir al-Khaza’i,salah seorang pembesar dari kelompok mereka. Ketika Husen bertemu dengan Nabi, ia berkata : ” Wahai Muhammad, Kelompok kami terpecah, barisan kami hancur, sementara kamu terus bertindak dan bertindak. Jika kamu menginginkan harta, kami telah mengumpulkannya untukmu, kamu menjadi orang yang paling kaya dari kami. Jika kamu menginginkan wanita, kami akan mengawinkanmu dengan wanita tercantik.Jika kamu menghendaki kerajaan, kami akan menjadikanmu sebagai raja kami”. Husein larut dalam pembicaraan dan rayuannya, sementara Nabi hanya mendengarkan saja.

Ketika setelah Husein selesai berkata, Nabi Saw bertanya kepadanya:”Apakah kamu telah selesai wahai Abu “Imran?”.

“Ya”,jawab Husein.

Nabi bersabda: ”Jawablah kepadaku dari apa yang aku tanyakan kepadamu”.

Husein berkata :”Tanyakanlah apa yang ingin kamu tanyakan!”.

Nabi bersabda :” Wahai Abu ‘Imran, berapa Tuhan yang kamu sembah?”.

Husein menjawab :” Aku menyembah tujuh (tuhan), enam di bumi dan satu di langit”.

Nabi bersabda :” Bila hartamu hancur, kepada tuhan mana kamu berdo’a?”.
Husein menjawab:" Aku berdo'a kepada tuhan yang di langit".

Nabi bertanya:” Bila hujan terputus, kepada tuhan mana kamu berdo’a?”.

Husein menjawab :”Aku berdo’a kepada (Tuhan) yang dilangit”.

Nabi bertanya:” Bila keluarga lapar, kepada tuhan mana kamu berdo’a”.

Husein menjawab:”Aku berdo’a kepada (Tuhan) yang dilangit

Nabi bertanya:” Dia sendiri mengabulkan untukmu, atau mereka (berhala-berhala)semua itukah yang mengabulkan untukmu ?”.

Husein menjawab :”Dia (Tuhan yang dilangit) sendiri yang mengabulkan”.

Nabi bersabda :” Dia sendiri yang mengabulkan untukmu dan Dia sendiri yang memberikan nikmat kepadamu, sementara engkau menyekutukan-Nya dengan mereka, atau apakah kamu takut mereka mendatangkan bahaya bagimu”.

Husein menjawab :” Tidak, mereka tidak akan mampu melakukannya”.

Rasulullah Saw bersabda:” Wahai Husein, masuk Islam-lah. Aku akan mengajarimu kalimat-kalimat yang dengannya Allah akan memberi manfaat kepadamu..”.

    Demikianlah dialog yang terjadi antara Rasulullah Saw dengan Husein bin al_mundzir al-Khadza’i yang menggambarkan bagaimana sesungguhnya aqidah para penyembah berhala itu.

Mereka menyembah Lata dan Uzza, namun demikian mereka menganggapnya hanya sebagai tuhan-tuhan kecil yang dijadikan perantara (wasilah) untuk menyampaikan hajad mereka kepada Allah (Tuhan dilangit), mereka juga meyakini akan Tuhan yang dilangit sebagai Tuhan besar yaitu Allah Swt sebagai pencipta langit dan bumi beserta segala isinya, pemberi rezki, pengatur segala urusan.

Firman Allah Swt :

” Dan sesungguhnya jika kamu bertanya kepada mereka (orang-orang musyrik itu) :” Siapakah yang menciptakan mereka?  Niscaya mereka menjawab:” ALLAH ”, maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan” (QS. 43:87)

”Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?" Tentu mereka akan menjawab : "Allah". Katakanlah: "Segala puji bagi Allah"; tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui”(Q.S 31:25).

“ Katakanlah: "Kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya, jika kamu mengetahui?"

Mereka akan menjawab: "Kepunyaan Allah." Katakanlah: "Maka apakah kamu tidak ingat?"

Katakanlah: "Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya `Arsy yang besar?"

Mereka akan menjawab: "Kepunyaan Allah." Katakanlah: "Maka apakah kamu tidak bertakwa?"

Katakanlah: "Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab) -Nya, jika kamu mengetahui?" Mereka akan menjawab: "Kepunyaan Allah." Katakanlah: "(Kalau demikian), maka dari jalan manakah kamu ditipu?"(Q.S 23:84 – 89)

“Katakanlah: "Siapakah yang memberi rezki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?" Maka mereka akan menjawab: "Allah". Maka katakanlah: "Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?"(QS.Yunus:31)



Berhala-Berhala itu hanya sebagai perantara untuk mendekatkan diri (mendekatkan permohonan) kepada Allah Swt. Itulah alasan mereka.

Firman Allah Swt:
” Ingatlah ,hanya kepunyaan Allah–lah Agama yang  bersih (dari syirik).Dan orang–orang yang mengambil pelindung (penolong)selain Allah berkata:” Kami tidak menyembah mereka, melainkan  supaya mereka mendekatkan (permohonan)kami kepada Allah dengan sedekat–dekatnya”.  Sesungguhnya Allah akan memutuskan diantara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang–orang yang pendusta dan ingkar”.(QS.39:3)



Katakanlah: "Apakah kita akan menyeru selain daripada Allah, sesuatu yang tidak dapat mendatangkan kemanfa`atan kepada kita dan tidak (pula) mendatangkan kemudharatan kepada kita dan (apakah) kita akan dikembalikan ke belakang (menjadi musyrik), sesudah Allah memberi petunjuk kepada kita, seperti orang yang telah disesatkan oleh syaitan di pesawangan yang menakutkan; dalam keadaan bingung, dia mempunyai kawan-kawan yang memanggilnya kepada jalan yang lurus (dengan mengatakan): "Marilah ikuti kami". Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah (yang sebenarnya) petunjuk; dan kita disuruh agar menyerahkan diri kepada Tuhan semesta alam”(QS Al-An’am:71)

013. Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nyalah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (ibadahi) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari”.(QS Faathir:13)



“ Jika kamu menyeru mereka, mereka tiada mendengar seruanmu; dan kalau mereka mendengar, mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu. Dan di hari kiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui”.(QS Faathir:14)

Katakanlah ” Serulah mereka yang kamu anggap   (sebagai tuhan)selain Allah, mereka tidak memiliki (kekuasaan) seberat zarrahpun dilangit dan dibumi, dan mereka tidak mempunyai suatu sahampun dalam (penciptaan)langit dan bumi dan sekali–kali tidak ada diantara mereka yang menjadi pembantu bagi-Nya “(QS,Saba:22)

“ (Kuasa Allah) yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah, Dialah (Tuhan) Yang Haq dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain Allah, itulah yang batil, dan sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha   Besar”.(QS Al-Hajj:62)

Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.”(QS.39:67)

” Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu dan bapak-bapak kamu mengada-adakannya; Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun untuk (mengibadahi)nya. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka, dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka.(QS An Najm:23)

” Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan  kepada (nabi-nabi)yang sebelum-mu:”Jika kamu mempersekutukan (Tuhan),niscaya akan hapuslah amal-mu dan tentulah kamu termasuk orang yang merugi”.(QS.39:65)

Dan janganlah kamu menyeru / berdo’a kepada  sesuatu selain daripada Allah, yaitu apa-apa yang tidak memberi manfaat dan mudharat bagimu ,  sebab jika kamu berbuat (yang demikian itu), maka sesungguhnya kamu termasuk orang–orang yang  zhalim. Jika Allah berkehendak menimpakan kemudharatan kepadamu,maka tidak ada seorangpun  yang mampu menghindarkannya kecuali Dia sendiri,  dan manakala Allah berkehendak memberikan sesuatu kebaikkan bagi kamu, maka tak seorangpun  yang mampu menghambat karunia-Nya itu. Dia memberi karunia bagi hamba-hamba yang dikehendaki-Nya dan Dia maha Pengampun lagi Maha  Pengasih “ (QS 10 : 106–107)

” Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak diibadahi) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa`at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”.(QS Al-Baqarah:255)

No comments:

CROWN D'RAJA PERTUBUHAN MQTK QuranSunnahIslam..

........free counters ..............................................................................“and I have come to you with a SIGN FROM YOUR LORD, so fear Allah and OBEY ME! Truly Allah is my Lord and your Lord. Therefore submit to HIM! This is A STRAIGHT PATH" (maryam 19:36)