Sunday, November 14, 2010

Syamsuddin Tabrizi jua seorang sufi yg memberi pencerahan pada Jalaluddin Rumi.....

Jalaluddin Rumi seorang sufi yg terkenal ttg syair2 cinta.....

Pada tahun 1224 seorang sosok misteri tiba di Konya namanya Syamsuddin Muhammad dari Tabriz dan menginap ditempat saudaranya pedagang gula...

Pada suatu waktu Jalaluddin Rumi seorang sufi yg sangat terkenal dgn syair2 cinta lewat ditempat Syamsuddin menginap. Tiba2 seorang pemegang tali kendali kuda Rumi dan bertanya:” Wahai pemimpin Muslim, manakah yg lebih agung, Bayazid atau Nabi Muhammad saw. (Bayazid seorang yg sudah mencapai tingkat makrifat)
Rumi menjawab: “Sungguh sebuah pertanyaan yg sulit, bagaikan tujuh surga hancur terkoyak2 dan jatuh berantakan kebumi. ( agar anda2 tahu bahwa Syamsuddin mengembara untuk mecari Allah setiap ia bertanya pd para ulama jawabannya tdk memuaskan). Kebakaran besar muncul dlm diriku dan menimbulkan api ke otakku. Dari sana aku melihat gumpalan asap mencapai tiang2 singgasana Tuhan, aku menjawab: “Nabi saw adalah sosok paling Agung dari seluruh manusia, mengapa mesti membicarakan Bayazid?

Dia bertanya: “Bagaimana mungkin Nabi saw bisa menjadi manusia paling agung? Rasulullah saw pernah bersabda,” kami belum mengetahui Engkau dengan cara yg sebagaimana semestinya Engkau diketahui”. Sedangkan Bayazid berani berkata, Mulialah aku. Betapa agungnya aku dan aku adalah kuasa segala kuasa.

Rumi menjawab, ” Kehausan Bayazid telah terPUASkan hanya dengan SATU TEGUKan. Dia akan menGATAkan telah CUKUP dengan satu TEGUKan itu, kotak pemahamannya telah terISI. Pencahayaannya hanya sebanyak yg muncul melalui cahaya langit dari rumahnya. Nabi saw, pada sisi lain, meMINTA agar diberi lebih banyak untuk MINUM dan selalu merasa keHAUSan…Nabi saw berbicara tentang keHAUSan dan bahkan terus meMOHON agar diTARIK lebih menDEKAT...

Syamsuddin serta merta menangis dan jatuh tidak sadarkan diri. Ini permulaan pertemuan antara dua sahabat sufi dan saling merindukan. Karena kerinduan Rumi ini pada Syam maka banyak Syair ketuhanan Rumi penuh dengan cinta. Untuk menGENAL Allah dengan CINTA.... kita tak AKAN dapat membayangkan nikmatnya.......

....segala...gala nya tentang C...I...N...T...A....

..kadang kita seNdiri pun mohon doa murah rezeki....panjangkan umur....selamat dunia akhirat....etc...

terlalu SEDIKIT yg mohon akan CINTA ALLAH....

berCINTA dengan peMILIK CINTA itu sendiri....


sebagaimana bait doa CINTA Rasulullah saw...

"....Ya, Allah, kumohon cinta-Mu

dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu

Ya, Allah, jadikanlah

Cintaku kepada-Mu melebihi

cintaku kepada diriku sendiri, terhadap kerluargaku

Dan air yang dingin (saat kehausan)..."...


"...“Wahai Tuhan kami, jadikanlah cintaku kepada-Mu sebagai sesuatu yang paling aku sukai, dan rasa takutku pada-Mu sebagai suatu rasa yang paling dalam. Putuskanlah segala ketergantungan dunia dariku, dan gantilah dengan rasa rindu untuk berjumpa dengan-Mu. Jika Engkau memberikan kepada ahli dunia kesejukan harta mereka, maka jadikanlah kesejukan di dalam ibadahku.....”

No comments:

CROWN D'RAJA PERTUBUHAN MQTK QuranSunnahIslam..

........free counters ..............................................................................“and I have come to you with a SIGN FROM YOUR LORD, so fear Allah and OBEY ME! Truly Allah is my Lord and your Lord. Therefore submit to HIM! This is A STRAIGHT PATH" (maryam 19:36)